Berbicara tentang Kitchen

on Rabu, 09 Maret 2011

Bismillahirrahmanirrahim,

Kebutuhan akan sarana di rumah yang dinamakan dapur berawal sejak zaman dahulu kala, karena yang satu ini memang kebutuhan primer dari setiap individu atau keluarga. Hanya saja penampilannya memang disesuaikan dengan kebutuhannya atau budget yang ia miliki untuk memiliki dapur yang layak untuk kehidupannya.

Berbicara kitchen bagi seorang pengusaha, mungkin ia memulai bisnisnya dengan melihat konsep kitchen yang lagi ngetrend di zamannya. Walaupun pada hakikatnya sebuah kitchen dilihat dari urgensi fungsinya, ya tempat memasak ... namun ternyata bisa lebih bernilai dan multifungsi yang yang bisa membuat nyaman pemiliknya di kitchen tersebut. Bisa demo memasak buat keluarga atau sanak familinya, memanggang ayam, cuci piring, sarapan, makan siang atau makan malam di kitchen, ambil minuman dingin dan segar ... segalanya bisa disediakan dari kitchen tersebut.

Seorang pengusaha mungkin langsung menunjuk seorang atau beberapa designer untuk mewujudkan konsep kitchennya tersebut, baik designer lokal atau import. Kunjungan ke pameran-pameran kitchen sangat membantu untuk menumbuhkembangkan ide-ide tentang kitchen, bahkan ada ada yang jauh-jauh mengunjungi pameran kitchen ke ujung dunia hanya sekedar untuk mengetahui trend apa sih untuk kitchen tahun ini?

Pada prinsipnya dalam satu set kitchen terdiri dari beberapa kabinet yang disesuaikan dengan ruangan rumah pemiliknya, appliances yang digunakannya, kebutuhan yang diinginnya pemiliknya apa saja, dan tentunya disesuaikan dengan budgetnya. Satu set kitchen biasanya terdiri dari kabinet sink untuk cuci piring lengkap dengan tempat wadah sabun dan tong sampahnya, saluran air besih dan kotornya (sink cabinet), kabinet piring sehabis mencuci (dish rack cabinet), kabinet kompor untuk memasak (hob cabinet) yang biasanya dilengkapi dengan cooker hood untuk membuang asap, tak jau dari hob cabinet ada pasangannya yaitu kabinet untuk menyimpan tabung gas (gas cabinet). Kabinet-kabinet lainnya sebut saja: microwave cabinet, dishwasher cabinet, ferigerator cabinet, dan sebagainya.

Dilihat dari bentuknya, kabinet terdiri dari: base cabinet, wall cabinet, middle cabinet dan tall cabinet. Lalu ada pula panel-panel untuk dekorasi dari kabinet tersebut. Selain itu ada pula yang disebut dengan free shelf. Kabinet-kabinet tersebut umumnya ditutup dengan pintu yang bermacam-macam pilihan finishingnya. Ada pula open cabinet yang bisa digunakan untuk rak buku resep, pas bunga atau pajangan piring dan gelas.

0 komentar:

Poskan Komentar