TIPS Memilih Kontraktor Kitchen Set

on Jumat, 23 September 2011

Harga kitchen set biasanya ditentukan oleh bahan baku, finishing, serta fitting yang digunakan.

Kini rasanya belum lengkap memiliki dapur tanpa seperangkat kitchen set. Ada yang sekadar untuk mengikuti tren atau benar-benar fungsional.
Pengertian dapur di Indonesia menurut Ingrid Prawiraatmadja, Business development Senior Manager PT Indomo Mulia, distributor resmi kitchen set Schiffini, serta peralatan masak Glem dan Modena, memang terbagi dua: dapur kering (pantry) dan dapur basah (wet kitchen). Karena itu penempatan peralatan masaknya juga berbeda. Misalnya, oven untuk dapur basah, microwave lebih sering di pantry. “Kitchen set lebih mengarah pada lifestyle, untuk memasak yang heavy duty di dapur basah,” kata Emir Hikmat, Project Coordinator PT Indawo Kharisma Internusa.

Saat ini ada banyak kontraktor dan konsultan kitchen set. Anda dapat menemuinya di mal, sepanjang jalan raya, hingga gang-gang kecil. Bagi yang berencana membuat kitchen set, berikut kami bahas beberapa konsultan dan kontraktor yang layak dipertimbangkan.

Gaya desain
Konsultan atau kontraktor kitchen set biasanya sudah mempunyai spesialisasi dalam gaya desain. “Gaya kita minimalis, kita nggak mengerjakan model-model yang ada ukiran-ukirannya,” kata Budi Agung Saputro (BAS), lulusan arsitektur dari Universitas Trisakti yang merintis usaha kitchen set sejak empat tahun lalu.

Indawo, konsultan dan kontraktor kitchen set yang berdiri sejak 2001, juga mengusung gaya desain minimalis modern. Proyek kitchen set yang pernah digarapnya antara lain di apartemen Senayan City, Bellagio, Capital Residence, The Belezza, dan Pearl Garden.

Kelebihan desainnya, adalah penerapan lima zona dalam dapur. Selain tiga zona inti preparing, cooking dan cleaning, ditambahkan dua zona penyimpanan (storage) untuk consumable area dan unconsumable area. Desain Indawo juga mengacu pada ukuran berstandar internasional, sehingga semua produk peralatan masak bermerek global pas ditempatkan. Termasuk ukuran-ukuran jarak pencapaian juga dihitung memenuhi standar ergonomis.

Untuk menangani setiap pesanan, Indawo menurunkan sejumlah tim: desainer, estimator serta operasional. Tahap pertama, dilakukan pengukuran dan survei ke lapangan. Lalu tim desain memberikan rancangan desain awal yang dapat direvisi hingga tiga kali, dilanjutkan dengan estimasi biaya. Waktu yang diperlukan untuk proses tersebut enam hari. Sedangkan, proses produksi kitchen set hingga pemasangan 35 hari.

“Jika konsumen tidak melanjutkan sampai ke proses produksi dan ingin mengambil desain plus estimasi biayanya saja, dikenakan fee Rp1 juta,” ujar Emir. Sementara kalau langsung dilanjutkan ke proses produksi, secara otomatis fee desain hilang atau diberikan gratis.

BAS juga melakukan prosedur yang sama. Setelah pengukuran baru didesain dan diberikan penawaran harga. Biasanya harga sudah berikut desain dan konsumen juga dibolehkan membawa desain sendiri. Pembuatan kitchen set sekitar dua minggu, sedangkan pemasangan bisa 1 - 2 hari.

Pilihan bahan baku
BAS menggunakan bahan dasar multipleks dikombinasi dengan kaca. Varian finishing-nya memakai Tacon, Melamic, dan Duco. Kualitas Duco seperti cat mobil memiliki banyak pilihan warna cerah. Kalau Melamic menampilkan warna dan serat kayu yang lebih natural. Sedangkan Tacon ada yang tampilannya polos dan bertekstur natural.

Sementara Indawo menggunakan bahan dasar kayu MDF (medium density fiber) impor dengan ketebalan 18 mm. Kelebihan MDF, lebih stabil ukurannya dan presisi, bentuknya flat dan tidak melendut serta proses produksinya mudah.
Lapisan finishing-nya HPL (high pressure laminated) atau duco high gloss yang tampilannya mengilap dan licin. Tersedia juga pilihan finishing HPL Postform, PVC dan Doortrim untuk bagian tepi pintu kabinet. Daun pintu dapat dikombinasi dengan kaca tempered di-sandblast atau bening. Sedangkan material untuk back panel atau dinding belakang memakai stainless steel atau kaca untuk menguatkan kesan modern.

Badan kabinet yang terdiri dari lambung (pembatas antara deretan kabinet), pagar (bagian belakang), palangan atas dan palangan bawah terbuat dari MDF yang dilapisi melamine paper. “Biasanya pembuat kitchen set suka mengurangi bahan lambung kabinet menjadi satu lapis saja, sehingga jatuhnya lebih murah,” kata Emir. Proses produksi panel-panel kitchen set dibuat secara pabrikasi dengan sistem modular menggunakan mesin di workshop Indawo di Bekasi.

Harga
Setiap pembuat kitchen set mematok harga berbeda-beda, ada yang per meter panjang (lari), per meter persegi atau per set. Ambiente misalnya, menjual satu set kitchen set Schiffini berbahan full alumunium seharga Rp500 juta belum termasuk peralatan masaknya.

Sedangkan, BAS mengerjakan kitchen set seharga Rp1,3 juta per m2 dengan bahan finishing cat Duco, Rp 1,2 juta untuk Melamic, dan Rp1,1 juta untuk Tacon. Harga itu sudah termasuk rak-rak tapi di luar harga appliances seperti sink, kompor, cooker hood, dan lain-lain. “Berapapun luasnya kita kerjakan, kitchen set paling kecil dua meter, nggak mungkin satu meter,” kata Budi yang banyak mengerjakan kitchen set untuk apartemen.

Sementara, harga kitchen set Indawo dihitung berdasarkan tiga komponen. Pertama, harga kabinet dan top table yang ditentukan oleh desain dan pilihan materialnya. Kedua, aksesoris meliputi rak-rak dalam kabinet, dalam laci, dan lain-lain yang harganya bervariasi tergantung jenis bahan. Ketiga, harga peralatan (appliances) memasak seperti sink, kompor, kulkas, cooker hood, tergantung merek. Saat ini Indawo sudah bekerja sama dengan beberapa merek peralatan dapur seperti Ariston, Blanco, dan Teka. “Jadi, harganya tidak dihitung per meter tapi per desain,” ujar Emir. Kisaran harga per meter berdasarkan desain mulai dari Rp2,4 – 5 juta. Tapi, konsumen juga bisa memesan desain kitchen set sesuai budget yang dimilikinya.
Indawo juga menerima pesanan di luar kota, dengan biaya tambahan untuk ekspedisi. Setiap delapan bulan sekali Indawo mengganti model-model kitchen set di showroom-nya dengan desain terbaru, kalau Anda beruntung barang display lama bisa didapat cuma setengah harga. Halimatussadiyah, Bunga Pertiwi

BOX
Tips
Untuk mengetahui kualitas kitchen set yang baik, perhatikan hal-hal berikut ini:

• Pilih bahan baku yang berkualitas, anti rayap, dan tidak melendut. Pilih finishing anti air serta minyak seperti HPL, High Gloss, Duco, Melamik atau Tacon.
• Agar higienis, top table sebaiknya terbuat dari bahan yang berpori-pori kecil, tahan gores dan tahan panas. Kini tersedia granit sintetis dengan permukaan lebih solid, tidak perlu dipoles seperti granit alami dan tahan terhadap bahan kimia.
• Perhatikan ukuran-ukuran kabinet, laci dan top table-nya. Semua harus presisi sehingga terlihat lurus dan rapi. Sesuaikan juga ukuran kitchen set dengan peralatan masak yang akan dimasukkan.
• Perhatikan juga ukuran-ukuran jarak pencapaian yang nyaman (ergonomis) seperti tinggi kabinet atas, tinggi top table dari lantai, dan sebagainya.
• Pastikan fitting seperti handel, engsel, rel laci, dari merek-merek yang sudah terkenal kualitasnya seperti Blum dan Hettich.
• Untuk memudahkan perawatan dan menghindari masuknya serangga atau tikus ke bawah kabinet, di sekeliling bagian bawah kabinet bisa ditutup dengan bahan logam, misalnya, plinth alumunium dan rubber seal yang bisa dibuka-tutup untuk pembersihan.

Sumber : http://www.housing-estate.com/index.php?option=com_content&task=view&id=763&Itemid=73

0 komentar:

Poskan Komentar